SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI "WUSHU AIN FA. JOMBANG JAWA TIMUR, DOJO SKB GUDO JOMBANG

Manfaat Kungfu dan Meditasi bagi Kesehatan

Kesehatan tentunya adalah sebuah kebutuhan kita sebagai makhluk hidup yang bernafas. Dengan kondisi sehat, kita dapat melakukan segala pekerjaan dengan lancar. Kesehatan dapat terwujud apabila kita dapat menyeimbangkan kegiatan dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan makan makanan bergizi. Namun, di zaman sekarang ini banyak orang yang mulai meremehkan pola hidup sehat karena alasan padatnya aktivitas.

Salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga, mislanya saja seperti mengikuti kungfu. Beladiri asal Tiongkok ini tak hanya sebagai ilmu beladiri tetapi juga dapat membentuk kesehatan secara fisik dan mental. Kungfu memiliki makna yang cukup luas yakni, sesuatu yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama dan bila dilakukan dengan ketekunan penuh. Memang betul, karena dalam belajar kungfu kita tidak bisa instan untuk naik tingkat. Dalam kungfu, kita tidak hanya dilatih untuk bergerak, tetapi juga penghayatan tentang filosofi tiap gerakannya.

Budaya Timur menganggap kungfu adalah sebuah seni bela diri yang lengkap karena mendorong kita untuk menyelaraskan pikiran dengan teknik yang dilakukan. Kebanyakan aliran kungfu yang tersebar di berbagai penjuru dunia adalah berasal dari Shaolin. Namun, terdapat pula aliran lain yang berasal dari Bu Tong (Wu Dang), Hoa San, dan lainnya.

Kungfu Shaolin adalah hasil dari pemikiran Buddha, yakni semangat Semangat kungfu Shaolin adalah kasih sayang, harmoni, kerja keras, toleransi, dan agresif. Selain untuk membela diri, kungfu Shaolin juga untuk meningkatkan kesehatan dan semangat. Dengan demikian, lebih jelas kan kalau kungfu sangat berguna untuk menjaga kesehatan.

Filosofi dari seni bela diri ini adalah hukum alam semesta demi mencapai kesehatan dan kondisi tubuh yang harmonis. Harmonis di sini juga berarti menyeimbangkan antara Yin dan Yang. Yin dan Yang adalah sebuah symbol dari Cina yang menggambarkan keseimbangan antara hawa positif dan hawa negatif. Pada dasarnya, Yin dan Yang bertolak belakang, namun keduanya berasal dari alam, saling bergantung dan hidup berdampingan. Keseimbangan antara Yin dan Yang adalah hal yang penting. Oleh karena itu kebanyakan cabang bela diri kungfu menggunakan simbol Yin dan Yang.

Dengan berlatih kungfu kita dapat menyehatkan syaraf-syaraf yang ada di seluruh tubuh. Kungfu tak hanya sekedar jurus atau teknik bela diri, tetapi juga dilengkapi dengan latihan metode pernafasan yang berguna untuk meningkatkan kebugaran fisik. Kungfu menggunakan teknik pernafasan dengan meditasi.

Meditasi adalah proses rileksasi dengan melakukan pengosongan terhadap pikiran dari segala hal yang membebani, menyenangkan, menakutkan dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi adalah proses di mana kita mengomandokan semua organ tubuh kita untuk serileks mungkin.

Salah satu manfaat meditasi adalah untuk kesehatan otak. Orang yang sering melakukan meditasi akan dapat terhindar dari resiko penyusutan otak dan penuaan. Fungsi kekebalan tubuh akan dapat ditingkatkan dengan meditasi.

Salah satu jenis meditasi adalah meditasi chikung yang menggabungkan tiga kekuatan yakni energi, darah, dan cairan tubuh. Dengan demikian tubuh tidak mudah diserang berbagai penyakit. Meditasi ini membawa kita ke keheningan, kemudian membuat semua aliran tubuh menjadi lancar dan kesehatan menjadi lebih optimal. Cara melakukan meditasi ini cukup dengan melakukan pernafasan dari hidung kemudian berkonsentrasi penuh. Ketika bernafas tersebut, energi alam semesta akan terserap dan energy tersebut tersimpan dan disalurkan ke bagian organ tubuh yang sakit. Selain kesehatan, chikung juga dapat membuat diri Anda lebih dekat Tuhan

Ref:http://www.aviva.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More